Senin, 07 September 2015

Tugas Kelas XII. IPA 1, XII. IPA 2, dan XII. IPA 5


1.       Cahaya monokromatik dengan panjang gelombang 600 nm jatuh pada celah ganda. Jarak layar terhadap celah sejauh 100 cm. Jika jarak antara terang pusat dengan gelap pertama 2 mm, maka jarak kedua celah adalah ... m.

2.       Jarak antar celah 2 mm dan panjang gelombang yang digunakan 800 nm. Jika jarak celah ke layar 60 cm  maka jarak antara terang pusat dengan gelap kedua pada layar adalah ... mm.

3.       Seberkas cahaya dengan panjang gelombang 6.000 Å disinarkan pada celah ganda yang jarak antar celahnya 0,06 mm. Jika jarak celah ke layar 80cm , maka jarak antar pita terang (P) adalah ... mm.

4.       Cahaya monokromatik dari sumber cahaya datang pada sebuah celah ganda yang lebar antar celahnya 0,8 mm dan jarak pusat terang ke terang kedua adalah 1,80 mm dan panjang gelombang cahaya 4800 A maka jarak celah ke layar adalah … m.

5.       Pada percobaan Young, jarak antara celah dengan layar adalah 100 cm. Jika cahaya koheren dilewatkan pada dua celah yang berjarak 4 mm ternyata pola gelap pertama terbentuk padajarak 0,1 mm dari pola terang pusat, maka panjang gelombang yang digunakan adalah ... Å

6.       Jarak pada terang kedua dari terang pusat pada percobaan Young adalah 2 cm. Jika jarak antara dua celah 0,3 mm dan layar berada 5 m dari celah, panjang gelombang cahaya yang digunakan adalah ....

Ditulis dan dijawab di buku tugas dan tidak dikumpulkan.
Sebagai nilai tugas.
Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar