Assalamu'alaikum...
Alhamdulillah, segala pujian hanya milik Allah semata. Shalawat dan salam semoga tercurah dan terlimpah kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, keluarga, para sahabat, dan orang-orang yang senantiasa meneladani beliau hingga akhir zaman.
Teknologi dari hari ke hari semakin berkembang. Dulunya hanya dalam impian, sekarang bisa jadi sudah terwujud. Teknologi bertujuan untuk mempermudah dan membuat efisien pekerjaan manusia. Teknologi berkembang didasari dari beberapa teori matematika, kimia, biologi, maupun fisika. Banyak sekali peralatan yang dibuat berdasarkan temuan fisika.
1. Dua buah kawat lurus panjang diletakkan sejajar pada jarak 2 cm satu sama lain dialiri arus seperti gambar. Jika arus yang mengalir kedua kawat sama besar 4A, maka induksi magnetik pada titik P adalah ….
2. Seutas kawat panjang memiliki arus sebesar I ampere yang berjarak a meter dari sebuah titik sehingga memiliki kuat medan magnetik sebesar B. Jika kawat diletakkan sejauh 1/2 a dari titik tersebut, besar induksi magnetiknya adalah ….
3. Dua kawat panjang sejajar, X dan Y diletakkan terpisah pada jarak 15 cm di udara. Kawat X membawa arus 4,0 A dan kawat Y membawa arus 2,0 A dalam arah yang sama. Pada jarak berapakah dari kawat X resultan magnetik menjadi nol?
4. Sebuah penghantar lurus panjang dialiri arus 2 ampere. Sebuah titik P berjarak 4 cm dari kawat tersebut. Nilai induksi magnetik yang dialami titik P sebesar....
5. Apa aja sih faktor yang memengaruhi besarnya induksi magnetik pada kawat penghantar itu? Colong Sebutin!
Minggu, 09 September 2018
Selasa, 04 September 2018
Ulangan PAI BP
Assalamu'alaikum anak-anakku, semoga Allah senantiasa menjaga dan memberikan keberkahan kepada kalian.
Hari ini kalau sudah siap silakan pencet sini aja dengan semangat.
Hari ini kalau sudah siap silakan pencet sini aja dengan semangat.
Minggu, 02 September 2018
Ulangan Harian Listrik Statis
Assalamu'alaikum anak-anakku semua, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada kalian.
Kalau kamu sudah siap silakan Pencet di sini aja.
Kalau kamu sudah siap silakan Pencet di sini aja.
Kamis, 30 Agustus 2018
Tugas Kontinuitas
1. Sebuah pipa salah satu bagiannya berdiameter 15 cm dan bagian lainnya berdiameter 5 cm. Jika laju aliran air di bagian pipa berdiameter besar adalah 25 cm/s, maka laju aliran air di bagian pipa berdiameter lebih kecil adalah …
2. Air mengalir dari pipa A ke pipa B lalu ke pipa C. Perbandingan luas penampang pipa A, pipa B, dan pipa C adalah 5 : 2 : 3. Jika laju aliran air pada pipa A sama dengan 2v, maka laju aliran air pada pipa B dan pipa C adalah …
3. Air mengalir melewati pipa yang luas penampangnya berbeda. Pada ujung pertama luas penampang pipa 25 cm dan luas penampang pipa kedua 5 cm . Jika kecepatan air pada penampang yang besar adalah 4 m/s.
Tentukan:
(a) laju air pada pipa berpenampang kecil.
(b) debit air
(c) volume air yang mengalir selama 2 menit.
4. Air mengalir pada suatu pipa yang diameternya berbeda dengan perbandingan 1: 3. Jika kecepatan air yang mengalir pada bagian pipa yang besar sebesar 15 m/s, maka besarnya kecepatan air pada bagian pipa yang kecil sebesar…. m/s
5. Temi mengisi ember yang memiliki kapasitas 30 liter dengan air dari sebuah kran yang luas penampangnya 1,5 cm² dengan laju air 10 m/s.
Tentukan:
a. Debit air
b. Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi ember dengan air
2. Air mengalir dari pipa A ke pipa B lalu ke pipa C. Perbandingan luas penampang pipa A, pipa B, dan pipa C adalah 5 : 2 : 3. Jika laju aliran air pada pipa A sama dengan 2v, maka laju aliran air pada pipa B dan pipa C adalah …
3. Air mengalir melewati pipa yang luas penampangnya berbeda. Pada ujung pertama luas penampang pipa 25 cm dan luas penampang pipa kedua 5 cm . Jika kecepatan air pada penampang yang besar adalah 4 m/s.
Tentukan:
(a) laju air pada pipa berpenampang kecil.
(b) debit air
(c) volume air yang mengalir selama 2 menit.
4. Air mengalir pada suatu pipa yang diameternya berbeda dengan perbandingan 1: 3. Jika kecepatan air yang mengalir pada bagian pipa yang besar sebesar 15 m/s, maka besarnya kecepatan air pada bagian pipa yang kecil sebesar…. m/s
5. Temi mengisi ember yang memiliki kapasitas 30 liter dengan air dari sebuah kran yang luas penampangnya 1,5 cm² dengan laju air 10 m/s.
Tentukan:
a. Debit air
b. Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi ember dengan air
Senin, 12 Februari 2018
🌹🌺🌷BERSIKAP HIKMAH
Ketika Abu Mihjan Nashib bin Rabbah rahimahullah mendapatkan harta yang banyak dia hanya memiliki satu istri saja yang kulitnya hitam yaitu Ummu Mihjan, maka dia pun menikah lagi dengan seorang wanita yang berkulit putih. Mengetahui hal itu maka Ummu Mihjan pun marah dan cemburu.
Maka Abu Mihjan berusaha meredakannya dengan mengatakan: “Wahai Ummu Mihjan, demi Allah, orang yang seperti diriku ini tidak pantas dicemburui, karena aku ini sudah tua, demikian juga engkau tidak pantas untuk cemburu karena engkau juga sudah tua. Dan aku tidak menjumpai orang yang lebih mulia dan lebih besar haknya atas diriku dibandingkan dirimu, maka biarkanlah perkara ini dan janganlah engkau memperkeruhnya!”
Mendengar hal itu maka Ummu Mihjan ridha dan tenang kembali.
Setelah itu Abu Mihjan berkata kepadanya: “Maukah engkau kupertemukan dengan istriku yang baru, karena hal itu akan lebih bisa menjaga hubungan, lebih menyatukan, dan lebih menjauhkan dari sikap saling mencela.”
✋ Ummu Mihjan menjawab: “Silahkan.”
Lalu Abu Mihjan memberinya uang satu dinar dan berkata kepadanya: “Aku tidak ingin dia melihat dirimu kuperlakukan secara khusus dan aku juga tidak ingin dia mengalahkan dirimu, maka hadiahkanlah dinar ini kepadanya jika besok dia datang menemuimu!”
Lalu Abu Mihjan mendatangi istrinya yang baru seraya berkata: “Saya ingin mempertemukan dirimu dengan Ummu Mihjan besok dan dia akan memuliakan dirimu, tetapi aku tidak ingin dia mengalahkan dirimu, maka ambillah dinar ini dan hadiahkanlah kepadanya jika engkau telah menemuinya besok, agar dia tidak merasa engkau kuperlakukan secara khusus, dan engkau jangan menyebutkan kepadanya bahwa hadiah yang engkau berikan kepadanya tersebut adalah dinar!”
Kemudian Abu Mihjan mendatangi salah seorang sahabatnya yang biasa dia mintai nasehat, maka dia pun berkata: “Aku ingin mempertemukan istriku yang baru dengan Ummu Mihjan besok, maka datanglah besok ke rumahku karena aku akan mengajakmu makan siang. Jika engkau selesai makan, tanyalah kepadaku mana yang paling aku cintai dari kedua istriku tersebut, namun nanti aku akan menghindar dan merasa keberatan serta enggan untuk memberitahukannya kepadamu. Kalau aku sudah menyatakan keberatan, maka desaklah diriku dengan bersumpah!”
Keesokan harinya istrinya yang baru mengunjungi Ummu Mihjan dan sahabatnya tadi pun datang ke rumahnya dan dia ajak duduk. Setelah keduanya menyantap makan siang, maka sahabatnya tersebut bertanya sesuai yang direncanakan oleh keduanya: “Wahai Abu Mihjan, aku ingin engkau mengabarkan kepadaku manakah yang lebih engkau cintai dari kedua istrimu itu?”
Abu Mihjan menjawab: “Subhanallah, engkau menanyakan hal ini dalam keadaan keduanya mendengar dari dalam. Tidak pernah seorang pun menanyakan masalah semacam ini.”
Sahabatnya tersebut melanjutkan rencana mereka: “Sungguh aku bersumpah demi Allah agar engkau mengabarkannya kepadaku, aku tidak akan memberimu alasan untuk menolaknya dan aku tidak akan menerima kecuali jawabannya.”
Maka Abu Mihjan menjawab: “Jika salah satu dari keduanya ada yang melakukan, maka yang lebih kucintai dari keduanya adalah yang memiliki dinar. Demi Allah, aku pun tidak akan menjawab lebih dari ini sedikit pun.”
Maka kedua istrinya tersebut berpisah sambil tersenyum dalam keadaan masing-masing hatinya merasa senang karena menganggap bahwa dirinyalah yang dimaksud dengan perkataan Abu Mihjan tadi.
Sumber: Al-Muntazham Fii Taarikhil Muluuk wal Umam, 7/130.
📠 Dikutip dari channel @forumsalafy
Rabu, 09 Agustus 2017
Tugas Efek Doppler
📌📝 Tugas ini dikerjakan di buku dan tidak dikumpulkan.
1⃣ Kereta api meninggalkan stasiun Bogor dengan kelajuan 20 m/s sambil membunyikan peluit dengan frekuensi 700 Hz. Cepat rambat bunyi di udara 340 m/s. Tentukan frekuensi yang didengar oleh para penumpang yang sedang duduk di stasiun jika saat itu angin bertiup dengan kelajuan 10 m/s berlawanan arah dengan arah kereta!
2⃣Mobil pemadam kebakaran sedang bergerak dengan laju 20 m.s−1 sambil membunyikan sirine pada frekuensi 400 Hz (cepat rambat bunyi 300 m.s−1). Jika mobil pemadam kebakaran bergerak menjauhi seseorang yang sedang berdiri di tepi jalan, maka orang tersebut akan mendengar frekuensi sirine pada frekuensi....
3⃣Seorang anak menunggu mobil tahu bulat. Mobil tahu bulat mengeluarkan bunyi 670 Hz. Jika kecepatan bunyi di udara 340m.s−1 dan kecepatan mobil 5 m.s−1, maka frekuensi yang di dengar saat mobil mendekat adalah....
4⃣Seorang anak sedang memperbaiki klakson yang berbunyi terus menerus berfrekuensi 675 Hz. Mobil polisi bergerak mendekatinya berkecepatan 20 m/s sambil membunyikan sirine berfrekuensi 640 Hz. Cepat rambat bunyi 340 m/s. Tentukan frekuensi layangan yang didengar si anak!
5⃣Sirine perlintasan kereta api terdengar dengan frekuensi 1200 Hz. Rafli mendekati sambil mengendarai motor dan mendengar dengan frekuensi 1275 Hz. Berapa kecepatan motor Rafli?
Rabu, 23 November 2016
Kisi Fisika Penilaian Akhir Semester 206/2017 Kelas XII
Alhamdulillah, kisi PAS semester Ganjil telah ada.
Silakan kalian unduh, dan persiapkan untuk menghadapi PAS dengan belajar lebih rajin, semoga Allah memberkahi kalian.
Silakan kalian unduh, dan persiapkan untuk menghadapi PAS dengan belajar lebih rajin, semoga Allah memberkahi kalian.
KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
Jenis Sekolah :
SMA
Kelas/Program XII/MIPA
Alokasi
Waktu : 90 Menit
Mata Pelajaran :
Fisika
Tahun Pelajaran :
2016 – 2017
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Level
Kognitif
|
Indikator
Soal
|
Nomor
Soal
|
Jenis
Soal
|
3.1.
Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.
|
1. Gelombang
Bunyi
|
Menentukan
layangan frekuensi dari dua sumber bunyi dengan efek Doppler
|
Aplikasi
|
Peserta
didik dapat menentukan layangan frekuensi yang didengar pengamat dari dua
sumber bunyi yang berbeda
|
||
Menentukan
frekuensi nada pada pipa organa terbuka dan tertutup
|
Pemahaman
|
Peserta didik dapat menentukan
perbandingan nada dasar pipa organa terbuka dan tertutup.
|
||||
Menentukan
taraf intensitas yang didengar pengamat
|
Aplikasi
|
Diberikan tabel, peserta didik dapat
menentukan jumlah mesin setara dengan taraf intensitas bunyi setara dengan
yang terdapat dalam tabel.
|
||||
2. Gelombang
Cahaya
|
Menentukan
sifat gelombang cahaya
|
Pemahaman
|
Peserta
didik dapat membedakan sifat gelombang cahaya dengan benar
|
|||
Menentukan
besaran- besaran peristiwa interferensi celah ganda gelombang cahaya
|
Aplikasi
|
Disajikan
kondisi tentang interferensi celah ganda, peserta didik mampu menentukan
perubahan besaran yang terkait dengan peristiwa tersebut.
|
||||
3.2.
Mengevaluasi
prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari
|
1. Hukum
Ohm
|
Menentukan
beda potensial dari hasil pengukuran
|
Aplikasi
|
Disajikan
gambar rangkaian listrik beserta alat ukurnya, peserta didik mampu menentukan
sebuah besaran listrik
|
||
Menentukan
besaran yang mempengaruhi hambatan dalam kawat penghantar
|
Pemahaman
|
Peserta
didik mampu menentukan besaran yang benar yang mempengaruhi hambatan dalam
kawat
|
||||
Menentukan
hambatan listrik pada alat-alat listrik
|
Analisis
|
Disajikan
tabel alat-alat listrik, peserta didik mampu menentukan hambatan yang
terdapat pada alat-alat listrik.
|
||||
2. Hukum
Kirchoff
|
Menghitung
besar arus listrik yang melewati hambatan R
|
Aplikasi
|
Disajikan
gambar sebuah rangkaian tertutup, peserta didik mampu menentukan arus yang
mengalir melalui sebuah hambatan
|
|||
3.3 Menganalisa gaya listrik, kuat
medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada
berbagai kasus.
|
1.
Muatan listrik
|
Menentukan
jenis muatan listrik
|
Pemahaman
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat
menentukan jenis masing-masing muatan
|
||
2.
Gaya Coulomb
|
Membandingkan
besaran gaya jika jarak antar gaya berubah
|
Aplikasi
|
Diberikan
pernyataan tentang beberapa besaran, berdasarkan hukum Coulomb peserta didik
mampu menentukan sebuah besaran fisis jika besaran fisis lain berubah
|
|||
Menentukan
besar dan arah gaya Coulomb
|
Aplikasi
|
Diberikan
gambar, peserta didik dapat menentukan besar dan arah gaya Coulomb pada salah
satu muatan.
|
||||
3. Medan
Listrik
|
Menentukan
kuat medan listrik pada dua konduktor keping sejajar
|
Pemahaman
|
Disajikan
informasi tentang besaran pada konduktor keping sejajar, peserta didik dapat
menentukan pengaruh besaran terhadap medan listrik dalam keeping sejajar.
|
|||
Memecahkan
masalah tentang medan listrik antara dua muatan
|
Analisis
|
Dibeikan
informasi tentang besar muatan dan jarak antar muatan, peserta didik mampu
menentukan titik dengan medan listrik nol.
|
||||
4. Kapasitor
|
Menentukan
kapasitas kapasitor
|
Aplikasi
|
Disajikan
gambar susunan kapasitor seri-paralel, peserta didik mampu menentukan muatan
total pada rangkaian kapasitor tersebut
|
|||
3.4.
Menganalisis induksi magnet dan gaya magnetik pada berbagai produk teknologi.
|
1. Fluks Magnetik
|
Menentukan
fluks magnet
|
Pemahaman
|
Diberikan
beberapa besaran, peserta didik dapat menentukan besar fluks magnet yang
menembus bidang.
|
||
2. Induksi magnetik
|
Menentukan
arah induksi magnetik
|
Pemahaman
|
Disajikan
gambar, peserta didik mampu menentukan arah induksi magnetik pada sebuah
titik
|
|||
Menentukan
besar induksi magnetik pada kawat melingkar
|
Aplikasi
|
Diberikan
induksi magnet, arus dan jumlah lilitan, peserta didik dapat menentukan besar
jari-jari lingkaran kawat tersebut.
|
||||
3. Gaya Magnetik
|
Menentukan
arah gaya Lorentz
|
Pemahaman
|
Diberikan
gambar, peserta didik dapat menentukan arah gaya Lorentz
|
|||
Menganalisis
besar dan arah gaya Lorentz
|
Analisis
|
Diberikan
gambar, peserta didik dapat menentukan besar dan arah gaya Lorentz pada
kawat.
|
||||
3.5.
Memahami
fenomena induksi elektromagnetik
berdasarkan percobaan
|
1.
GGL Induksi
|
Memahami
GGL induksi pada kumparan
|
Pemahaman
dan pengetahuan
|
Disajikan
informasi tentang jenis-jenis besaran, peserta didik mampu menentukan besaran
yang mempengaruhi GGL induksi pada kumparan
|
||
2. GGL Induksi pada Induktor
|
Menghitung
besar GGL induksi pada induktor
|
Pemahaman
|
Diberikan
informasi besaran-besaran pada inductor, peserta didik mampu menghitung besar
GGL induksi pada induktor
|
|||
|
Menghitung
besar GGL induksi pada solenoida
|
Pemahaman
|
Diberikan
informasi beberapa besaran, peserta didik mampu menentukan GGL induksi pada
solenoida.
|
|||
3. Aplikasi
Hukum Faraday pada Produk Teknologi
|
Menghitung
tegangan dan arus pada trafo
|
Pemahaman
|
Disajikan
tabel hasil pengukuran, peserta didik diminta melengkapi tabel yang masih
kosong.
|
|||
Membandingkan
besar GGL maksimum pada generator
|
Pemahaman
|
Diberikan
besaran besaran pada generator, peserta didik dapat menentukan perbandingan
GGL maksimum jika besaran tersebut mengalalmi perubahan.
|
||||
3.6.Menganalisis
rangkaian arus bolak-balik (AC) serta penerapannya
|
1. Arus
dan Tegangan Bolak-balik
|
Menghitung
nilai maksimum dan nilai efektif dari tegangan
|
Pemahaman
|
Diberikan
informasi tentang hasil pengukuran tegangan, peserta didik dapat menentukan
nilai tegangan dengan menggunakan alat ukur lain.
|
||
2. Rangkaian
Arus Bolak-balik
|
Menentukan
syarat terjadinya resonansi pada rangkaian seri RLC
|
Aplikasi
|
Diberikan
pernyataan tentang beberapa besaran, peserta didik mampu menentukan besaran
yang mementukan resonansi rangkaian seri RLC.
|
|||
Membandingkan
besaran-besaran fisis pada rangkaian AC
|
Analisis
|
Diberikan
informasi tentang rangkaian AC, peserta didik dapat menentukan perbandingan
sebuah besaran terhadap besaran yang lain..
|
||||
Menentukan
tegangan antara dua titik pada rangkaian seri RLC
|
Aplikasi
|
Diberikan
gambar rangkaian seri RLC peserta didik mampu menentukan beda potensial
antara dua titik
|
||||
3. Daya pada rangkaian Arus Bolak-balik
|
Menentukan
besar daya listrik
|
Pemahaman
|
Diberikan
informasi tentang besaran-besaran pada rangkaian, peserta didik mampu
menentukan besar daya rangkaian.
|
Langganan:
Postingan (Atom)